KATA SAMBUTAN MENERIMA CALON PENGANTIN

Dalam sebuah acara formal atau semi-formal, kata sambutan adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan. Kata sambutan ini dapat disampaikan oleh orang yang kepentingan atau orang yang ditunjuk sebagai perwakilan dari orang yang bersangkutan. Salah satu acara yang tidak terlepas dari adanya kata sambutan adalah acara lamaran. Kata sambutan yang disampaikan biasanya dari pihak calon mempelai wanita dan pihak calon mempelai laki-laki. 

Dan sebagai contoh kali ini adalah kata sambutan menerima calon pengantin. Umumnya, kata sambutan ini disampaikan oleh pihak calon mempelai wanita. Untuk lebih jelasnya, simak contohnya dibawah ini.

Contoh :

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati ............. (nama orang penting yang hadir)
Yang kami hormati ............. (nama orang penting yang hadir)
Yang kami hormati ............. (nama orang penting yang hadir)
Yang kami hormati ............. (nama orang penting yang hadir)

Yang paling kami hormati, Bapak (nama bapak mempelai pria) dan Ibu (nama bapak mempelai pria) atau yang mewakili selaku kedua orang tua calon mempelai pria beserta para rombongan.

Dan juga tak lupa kepada hadirin tamu undangan sekalian yang kami muliakan.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, (hari, tanggal) kita semua masih diberikan rahmat, hidayah, serta nikmat sehat, sehingga kita semua dapat bertemu dan berkumpul dalam dalam acara lamaran ananda (nama mempelai wanita) dengan (nama mempelai pria).

Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabat, dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafa'atnya di yaumil akhir. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Hadirin yang berbahagia,

Saya, berdiri disini sebagai perwakilan dari Bapak (nama bapak mempelai wanita) beserta ibu (nama ibu mempelai wanita) selaku kedua orang tua dari ananda kita tercinta yang bernama (nama mempelai wanita). Dengan segala kerendahan hati, izinkan kami untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan penerimaan calon mempelai pria.

Yang pertama adalah kami mengucapkan selamat datang untuk keluarga besar Bapak (nama bapak calon mempelai pria) yang telah rela jauh-jauh hadir dari (alamat mempelai pria) di kediaman kami dalam rangka menyampaikan niat baik yaitu ingin melamar anak kami. Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghormatan terhadap keluarga kami ini.

Kedua yaitu Menindak lanjuti apa yang telah diutarakan oleh Bapak (nama bapak yang menyerahkan calon mempelai pria), bahwa pada hari ini ananda (nama calon mempelai pria) berniat untuk meminang putri kami. 

Kami sebagai orang tua dari (nama calon mempelai wanita) menerima dengan senang hati, dan penuh ikhlas. Dan kami pun telah bertanya kepada putri kami perihal lamaran ini. Alhamdulillah, Ananda kami tercinta dengan hati yang bahagia menerima pinangan dari Ananda (nama calon pengantin pria).

Sedikit pesan kami sebagai orang tua untuk ananda berdua yang sebentar lagi akan membina rumah tangga. Kami berpesan agar kalian dapat terus menjaga tali cinta kasih diantara kalian, saling menghargai, junjung tinggi norma agama agar kalian selalu memiliki pegangan yang kuat dalam menjalani biduk rumah tangga. Rintangan dan cobaan tentu saja akan ada, namun ingatlah, pegang teguh janji suci kalian berdua. Do'a kami selalu menyertai.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kepada pihak besan beserta rombongan, kami mohon maaf jika dalam hal penyambutan, masih terdapat banyak sekali kekurangan. Maafkan pula jika ada salah dalam perkataan, tindakan, tingkah laku, dan lain sebagainya dari kami. Kepada Allah kami mohon ampun.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak besan atas kehadirannya dikediaman kami. Semoga Allah melancarkan niat baik kita ini, tanpa adanya halangan apapun. Aamiin.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, saya akhiri, 

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe to receive free email updates: