KUMPULAN CONTOH PIDATO SAMBUTAN DALAM BERBAGAI KEGIATAN

Kata Sambutan atau dikenal pula dengan istilah pidato merupakan kata kata yang disampaikan oleh seseorang yang berkepentingan dalam sebuah acara. Kata sambutan yang baik adalah kata sambutan yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu isi kata sambutan yang benar itu harus sesuai dengan tema acara atau yang berhubungan dengan acara tersebut. Untuk cara penyampaiannya, bisa disesuaikan pula dengan acara tersebut apakah termasuk acara formal, semi formal, atau non formal. 

Nah apabila anda berkesempatan untuk menyampaikan sebuah kata sambutan, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan dalam berbagai kegiatan atau acara.

1. Contoh Kata Sambutan Acara Seminar

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi, Salam Sejahtera Bagi kita semua

Yang pertama dan paling utama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas karunia dan berkah-Nya kita bisa bertemu dalam acara seminar pendidikan ini. Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Besar kita, Nabi Muhammad SAW beserta sahabat, keluarga, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati, 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, kita berkumpul disini dalam rangka menghadiri acara seminar. Tema seminar kali ini adalah .............................. dan akan diikuti oleh ......... peserta. Tujuan diadakan acara seminar ini adalah untuk ...................

Pada kesempatan yang bahagia ini, saya ucapkan selamat datang kepada semua peserta seminar. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kalian yang berminat mengikuti seminar ini. Setelah mengikuti seminar ini diharapkan saudara saudara sekalian dapat mengambil pelajaran dan berbagai hal positif lainnya.

Adapun pembicara kita hari ini adalah ............................... Jadi, saya berharap saudara saudara semuanya bisa mengikuti seminar ini dengan baik. Jika ada yang ingin saudara tanyakan silahkan bertanya. Dan semoga seminar pada hari ini bermanfaat bagi kita semua.

Demikian sepatah dua patah kata yang saya sampaikan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Kata Sambutan Acara 17 Agustus

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Pada malam yang indah ini, izinkan saya mengajak Bapak-Ibu, para muda-mudi, serta anak-anak untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan atas segala rahmat yang diberikan kepada kita semua sehingga malam ini kita bisa berkumpul dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Saya mengajak warga masyarakat untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran. Sungguh, pengorbanan mereka harus kita hargai. Karena merekalah, hari ini kita bisa hidup dengan damai.

Hadirin sekalian, kini kita harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang. Kita harus meningkatkan hal-hal yang bersifat positif, memajukan pendidikan, dan sebagainya. Marilah kita secara pribadi memberikan sumbangsih kepada bangsa kita tercinta agar terwujud masyarakat yang adil dan makmur.

Mari kita bersama-sama meneruskan perjuangan bangsa, dan akhirnya “Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

3. Contoh Kata Sambutan Singkat Acara Wisuda

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Dalam suasana bahagia ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas curahan kasih serta rahmat-Nya saat ini kita semua dapat menghadiri acara Wisuda Universitas X. Saya atas nama panitia mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan hadirin memenuhi undangan kami.

Hadirin yang saya hormati,

Upacara wisuda ini merupakan suatu proses dari rangkaian kegiatan yang dilakukan di lingkungan pendidikan ini. Dengan digelarnya wisuda ini, berarti Universitas X telah menyumbangkan darmabakti bagi bangsa dengan turut mewujudkan manusia yang lebih terampil dan berpendidikan.

Hadirin yang berbahagia, dalam kesempatan spesial ini, jajaran Direksi Universitas X mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang akan memasuki babak baru di arena kompetisi yang nyata. Semoga saudara-saudari mampu melakukan yang terbaik dan menjadi generasi yang bermanfaat.

Hadirin yang saya hormati, di akhir sambutan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada manajemen Universitas X, Bapak-Ibu dosen, dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu yang telah memberikan perhatian dan partisipasinya dalam penyelenggaraan wisuda ini, saya ucapkan terima kasih dan juga mohon maaf atas segala kekurangan.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Subscribe to receive free email updates: