CONTOH KATA SAMBUTAN YANG BAIK DAN BENAR DALAM BERBAGAI ACARA

Kata sambutan merupakan sebuah rangkaian kalimat yang disampaikan dengan tujuan untuk memberi sambutan kepada audiens di awal kegiatan sebelum acara inti. Kata sambutan ini dapat disampaikan dalam berbagai acara, baik acara formal maupun acara non-formal. Mengenai isinya sendiri, biasanya berisi tentang ucapan terima kasih dan berbagai informasi penting tentang sebuah acara.

Untuk membuat kata sambutan yang baik dan benar ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kata atau kalimat yang dipakai harus yang sopan, tidak menyinggung orang lain, sebagai pembuka sapalah orang orang yang merupakan tamu kehormatan dan memiliki kepentingan dalam acara tersebut, dan durasi kata sambutan jangan terlalu lama agar tamu undangan tidak merasa jenuh, namun harus jelas dan padat.

Baiklah, berikut ini kami akan memberikan contoh kata sambutan yang baik dan benar dalam berbagai acara. 

1. Contoh Kata Sambutan Dalam Acara Rapat atau Perkumpulan Perusahaan :

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi, Salam Sejahtera bagi kita semua.

Yang pertama marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas nikmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul bersama pada kesempatan kali ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada yang terhormat, ketua ___ cabang/wilayah/_____, Bapak ________ (nama dan gelar). Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada yang terhormat bapak walikota, _______ (nama dan gelar), Bapak Kepala dinas kesehatan _____, ________ (nama dan gelar), Direktur PT __________, Bapak _______ (nama dan gelar).

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada (rekan-rekan seperjuangan/rekan-rekan sejawat/ teman-teman satu profesi ______ (nama organisasi), yang telah meluangkan waktu di tengah kesibukan hari ini untuk hadir di _______ (tempat berkumpul).

Dalam rangka menyambut (acara apa), kami selaku _______ (nama instansi atau organisasi). Sebagai salah satu organisasi yang tergerak dalam bidang (menjelaskan organisasi/instansi kamu).

Pada pertemuaan kali ini kita akan membahas mengenai ________________ (pembahasan dalam rapat).

Melalui sambutan ini, saya, yang mewakili perusahaan memiiki harapan semoga melalui pertemuan kali ini dapat memberikan manfaat bagi semua. Demikian kata sambutan saya terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh.


2. Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Kegiatan (Kampus):

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat Siang, dan Salam Sejahtera bagi kita semua.

Alhamdulillah, puji dan syukur marilah kita ucapkan kepada Allah SWT karena berkat izin dan karunianya jualah, kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan yang sehat tanpa kekurangan satu apapun. Tak lupa pula sholawat beserta salam semoga tercurah kepada Nabi Besar kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya sampai akhir zaman.

Yang saya dan teman-teman hormati, Bapak ......... Selaku rektor yang telah bersedia meluangkan waktu untuk hadir pada hari ini.

Yang saya hormati, para dosen yang banyak membantu kami untuk memberikan masukan demi kesuksesan acara yang diadakan pada hari ini.

Yang saya hormati pula, Bapak/Ibu______ selaku pembimbing kami yang telah mendorong dan memberikan semangatnya serta memberikan banyak arahan untuk kami bisa sampai pada tahap hari ini dengan lancar dan tanpa adanya halangan yang cukup berarti.

Kegiatan yang kita semua hadiri di tempat yang indah dan nyaman ini, merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di kampus kita tercinta ini untuk bisa saling berkumpul dan menyambung tali silaturahmi dengan lebih baik lagi.

Saya dan teman-teman panitia lainnya berharap acara yang kita adakan dan datangi pada hari ini dapat membantu untuk mendekatkan kembali bagi yang sudah lama tidak bertemu dan mempererat tali persaudaraan yang ada.

Sebelum sambutan ini saya tutup, besar kiranya bagi para hadirin sekalian untuk membukakan pintu maaf jika ada kekurangan dalam acara kami hari ini. Itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh.

Subscribe to receive free email updates: