KATA SAMBUTAN ACARA PERNIKAHAN

Acara pernikahan memiliki berbagai rangkaian acara, mulai dari lamaran, akad nikah, hingga resepsi. Perhelatan yang dihadiri oleh keluarga dari kedua belah pihak ini, menjadi upacara yang sakral bagi mereka. Dalam acara penting ini, kata sambutan menjadi salah satu hal yang tak pernah ditinggalkan. Kata sambutan ini biasanya disampaikan untuk mewakili pihak pria dan wanita.

Kata sambutan ini biasanya menjadi awal pembukaan acara penting tersebut. Untuk isi kata sambutan itu sendiri sebenarnya sama saja seperti kata sambutan pada umumnya, mulai dari ucapan rasa syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada tamu undangan, doa untuk kedua mempelai, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh kata sambutan acara pernikahan dibawah ini.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin, wash shalatu was salamu 'alla asrafil anbiyaii wal mursalin, sayidinna wamaulana Muhammaddin waala alihi wahsahbihi ajma'iin ama ba'du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Sang Penguasa Alam ini, Allah SWT. Karena hanya berkat izin, karunia, dan barokah dari-Nya jualah, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan satu apapun. Tak lupa pula marilah kita senantiasa melantunkan sholawat serta salam kepada kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Yang Terhormat .............

Yang Terhormat .............

Yang Terhormat .............

Yang Terhormat para tamu undangan

Dan yang paling berbahagia kedua mempelai, Ananda (nama mempelai pria) dan Ananda (nama mempelai wanita).

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya sebagai perwakilan dari kedua mempelai untuk menyampaikan beberapa patah kata. Yang pertama, kami ingin mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu sekalian para tamu undangan di acara resepsi pernikahan Ananda (nama mempelai pria) dan Ananda (nama mempelai wanita).

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Kedua mempelai telah resmi menyandang status sebagai suami istri sejak melangsungkan akad nikah tadi pagi sekitar pukul ...... Dengan demikian, keduanya kini akan mulai menata kehidupan baru. Maka dari itu, kami memohon doa restu kepada Bapak Ibu sekalian untuk kedua mempelai. Semoga pernikahan mereka diberkahi Allah, dilimpahi kebahagiaan, kedamaian, diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah, serta menjadi keluarga sakinnah, mawaddah, warahmah. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

Ananda (nama mempelai pria) dan Ananda (nama mempelai wanita), sedikit pesan dari kami sebagai orang tua adalah selalu jagalah kehormatan masing-masing dan kehormatan pasangan. Junjung tinggilah kejujuran dan kesetiaan dalam rumah tangga kalian. Yang namanya pernikahan tentu saja akan ada berbagai halangan dan rintangan yang akan menggoncang biduk rumah tangga, namun hadapilah berbagai rintangan tersebut dengan kepala dingin dan kesabaran. Dengan begitu, Insya Allah rumah tangga kalian akan dipenuhi dengan kedamaian dan ketentraman. Aamiin Ya Allah.

Bapak Ibu para tamu undangan,

Di kesempatan ini kami ingin memohon maaf jika sambutan dan hidangan dari kami kurang berkenan dihati Bapak Ibu sekalian. Sekali lagi terima kasih karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir di acara kami yang sederhana ini. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak Ibu semua dengan pahala yang berlimpah. Aamiin.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Selamat menempuh hidup baru untuk kedua mempelai. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan.

Barakallahu laka wabaraka'alaika wajama'a baina kuma fi khair. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

Wabillahitaufiq walhidayah,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe to receive free email updates: